Welcome home....

Assalamualaikum wr.wb
Rekan-rekan pembaca..selamat menikmati suguhan yang insyaallah bermanfaat dunia wal akherat...

"Pembaca yang baik meninggalkan komentar-komentar yang bermutu."

Jumat, 25 Maret 2011

another lesson from radityadika

Sambil nunggu di approve ma nisa, gue kembali berkelana ke blog si Radit. Biarin, walaupun telat baru sekarang gue suka bloging dan bacain blog-blog orang, dari pada enggak sama sekali. Bener kan? Dan lagi-lagi  dari sekian guyonan-guyonannya, gue nemu pelajaran penting, terutama buat blogger.
---===----
dika: "Anggaplah blog mu sebagai produk."

Nah, di salah satu talkshow, si dika ngebahas masalah blog dari segi marketing. "Yap, kurang lebihnya siy gitu gue nangkepnya." Dan, bener juga. Menurut dia, klo blog kita pengen dibaca orang, maka kita harus berfikir kayak orang jualan, yakni marketing. Harus ada usaha marketing. Jadi, gimana caranya kita memasarkan blog kita ke orang-orang, sehingga orang tau. Paling enggak targetnya, blog kita dikunjungi, terserah deh mau dibaca apa enggak. Yang jelas isi blog kita udah kita buat sedemikian rupa menarik. Nah, sekarang fokusnya tinggal ke permasalahan marketing blog kita.

Sebagai contoh ekstrimnya, ada isu yang lagi strategis seperti bom buku. Nah, kita buat deh judul postingan kita BOM BUKU. Padahal isinya gak ada sama sekali hubungannya ma bom buku, yang penting ketika orang googling, maka akan muncul blog kita. Nah, orang bakalan ngeklik blog kita kan. Anggap lah dari 1000 orang yang ngunjungin blog kita, hanya 10 persen yang baca, maka kita dapet 100 orang pembaca baru. Cukup lumayan kan. Tapi itu yang ekstrimnya. Dan gue sendiri belum nyoba.

"Untung bukan kyk di kaskus, klo di kaskus niy pasti orang yang pemasaran kyk gini langsung di lempar bata ma kaskuser lain."

Sebenarnya ada cara yang rada halus, yakni "iklan" di grup dan komunitas yang kamu ikuti, seperti di FB, tweeter, de-el-el. Nah, klo cara ini udah gue praktekin. Makanya jangan pada heran yak klo isi update status FB gue adalah blog gue. Pertama, karena emang gue sekarang lagi suka update status di blog, dan kedua sekalian promosi. hihihihi.. Bener aja, baru 2 hari gue aktif di blog, udah 300 hit yang masuk blog gue. Alhamdulillah.

Nah, bagi temen-temen, SELAMAT MENCOBA DAN TEMUKAN KREATIVITAS MU!!!.. hihihihi kayak iklan apaaa gitu gue lupa.

---===---

2 komentar: