Welcome home....

Assalamualaikum wr.wb
Rekan-rekan pembaca..selamat menikmati suguhan yang insyaallah bermanfaat dunia wal akherat...

"Pembaca yang baik meninggalkan komentar-komentar yang bermutu."

Senin, 28 Maret 2011

Lost in airport

UAAAAAAAAAA *nangis sambil guling-guling*. Apa yang harus gue lakukan without internet. Hidup gue sebagian besar ditopang oleh internet. Kan udah gue bilang dunia maya sekarang bagi gue adalah dunia nyata gue, dimana gue bisa hidup, berkomunikasi, chating layaknya manusia normal, bernapas *yang terakhir gak ada nyambungnya*. Yang jelas gue mau bilang. I CAN'T STAND WITHOUT INTERNET. Dan, sekarang jaringan internet broadband gue ilang. Gak bisa konek-konek. Serasa hidup gue berhenti, diem, tapi tetep belum mandi gue dari tadi pagi *hahhaaa, yang terakhir ignore..ignore*. Ok deh, gue mending cuap-cuap di notepad. Barangkali ntar idup, gue bisa langsung posting semua tulisan gue hari ini. Semoga 5 menit lagi idup. Amin *berharap pada sesuatu yang tak pasti*.

Udah pernah ngerasain jadi anak ayam kehilangan induknya belum? Walaupun gue bukan anak ayam, *tapi anak kebo, hahaha sama aja* gue pernah ngalamin kisah tragis dalam hidup gue. Gue kasih nama, lost in airport. Hampir nangis gue, untung gak jadi. Repot juga klo gue nangis, kan pake acara nangis guling-guling. Coba aja bayangin kebo guling-guling sambil teriak MOOOOOOOO. Eneg...eneg deh lu. Ok, continue...


Cerita ini terjadi ketika pertama kali gue nyampe di Malaysia. Yah, walaupun bukan pertama kali, ini yang kedua kalinya, tapi yang pertama gue ke malaysia bareng dosen dan temen gue satu 2 tahun yang lalu, tahun 2009. Nah, berhubung bareng-bareng, gue tinggal nguntititn aja, gak bakal nyasar deh gue jamin. Tapi lain masalah sekarang. GUE SENDIRIAN. Hal yang pasti tapi belum tentu juga adalah gue bakal dijemput oleh orang yang gue gak kenal dan orang itu ngakunya dari Panitia penerimaan mahasiswa S2. Hahahha, ada panitia segala. gue kira tadinya mau di ospek gitu. Ok-ok. Lanjut gan (baca:juragan)

Berangkatlah gue dari Jogja dengan naik pesawat Malaysia Airlines dan ini pertama kali gue naek pesawat ke luar negeri dari airport Adisucipto Jogja. Kejadian pertama,

gue: "....*setelah cipika-cipiki ma temen-temen gue yang mengantar gue ke bandara, melepas gue dengan riang gembira, gue menuju tempat cek in. Masih polos, belagak keren, karena mau ke luar negeri.Hahahaha*

Petugas cek in: ....*smemeriksa tiket gue, minta ID gue.*....
Mudah-mudahan gak mirip dengan daftar WANTED PEOPLE-nya kepolisian aja deh. Ntar bukannya naek pesawat, malah naek mobil jenazah polisi gue. Di sinilah masalah pertama terjadi tapi gak ada hubungannya dengan polisi. Gue namain petugasnya dengan nama mbak cek-in.

mbak cek-in: "Mas gak ngambil tiket round-trip yak?"
gue: "wah, enggak mbak, malah saya berencana gak pulang lagi ke Indonesia. *gue jawab masih polos dan santai*"
mbak cek-in: "Wah, mas klo bukan pekerja atau pelajar, harus beli tiket round-trip."
gue: "(ber-ooooooooooooooooo panjang) Ooooooo. gitu mbak. Baik mbak. *masih polos nunggu proses cek-in*
mbak cek-in: "*mulai bingung, mungkin karena ngeliat muka gue yang bego polos*...Mas, ini tiketnya harus round-trip."
gue: "oooooo iya mbak..betul itu...*kepolosan gue ilang tapi kebegooan gue meningkat drastis*"
mbak cek-in: "*sadar klo gue makin bego*..MAS, INI HARUS ROUND-TRIP!!!! SEDANGKAN TIKET MAS CUMAN ONEWAY!!!!!!!!!..."
gue: "*baru sadar*...oooo iya mbak, maksud saya, saya ini pelajar yang mau belajar ke sana, S2 malah.. *gue beri penekanan* POSTGRADUATE PHARMACY MBAK..."
mbak cek-in: "*mulai lelah menghadapi gue*.. Nah, mas nya punya bukti gak klo pelajar?"
gue: "......"

dalam hati gue, "kan gue belum registrasi, belum dapet KTM (baca: Kartu Tanda Mahasiswa)." Nah, untung otak gue udah rada normal, sehingga gue keinget ma undangan yang gue terima dari universitas di Malaysia. Bukan, offer letter tapi, hanya hasil chating di email gue dengan panitia penjemputan di Malaysia. Tapi, kayaknya itu udah cukup walaupun lama juga nunggu disetujui oleh pihak bandara. Untung gue cek-in gak mepet-mepet.

NB: jangan pernah sekali-sekali cek-in pesawat mau ke luar negeri mepet-mepet, karena urusannya ribet banget. Jauh lebih ribet dari pada minta izin gak ikut ujian gara-gara belum belajar. Emang bisa yak?. Ok, itu yang pertama, yang kedua, jangan pernah sok polos di bandara karena nanti lo malah jadi keliatan bego. Ketiga, Nah ini beneran, bagi yang baru pertama kali ke luar negeri untuk lanjut sekolah, dipastikan anda membawa surat bukti anda adalah pelajar di universita yang di tuju, misal dengan membawa offer letter (semacam surat resmi bukti keterima). Nah, sialnya, gue gak nerima surat begituan. gue taunya bahwa gue keterima adalah dengan pro-aktif (ceilee) nelpon ke univ di Malaysia dan nama gue emang keterima. Heran, gue ngirim berkas bisa nyampe, tapi giliran panitia malaysia ngirim surat offer letter ke gue malah gak nyampe. Berarti indo lebih keren dalam hal kirim mengirim. Yap, terbukti dengan suksesnya mengirim TKI berbondong-bondong ke Malaysia.

cerita gue masih panjang niy. baru juga mau berangkat. Gimana? lanjut gak? lanjut? ok,

Gue masuk ruang tunggu international di bandara adisucipto jogja. Kesan pertama yang gue dapet, "koq kecil amat ruangannya." FYI, gue lolos imigrasi, gak ketangkep sebagai buronan paling dicari. Hahahay. Emang siy ruangan agak lebih bagus dari ruang tinggi domestik, tapi jauh-jauh lebih kecil dari ruang tunggu international bandara soekarno-hatta. Iya iyalah, di jogja cuma nampung 1 pesawat luar negeri, klo di jakarta kan bejibun. Ok, gue cari tempat yang PW (posisi wueenak), tapi perasaan gue mulai gak enak. orangnya pada diem, banyak bule lagi. Horor, secara bahasa inggris gue ngadat-ngadat klo ngomong. Alhasil, gue diam seribu bahasa. Sampe di pesawat, waktu mau di bagiin makan siang, gue cuman ngeluarin 2 kata "chicken" dan "orange", artinya gue mau menu ayam dan juz jeruk. Hahahha. Dan, untungnya lagi sebelah gue kosong. gak ada orang. Cihuuuy, perjalananan sendiri gue berlanjut. tapi jujur, perasaan gue udah gak enak.

Bener deh feeling gue. Masalah kembali terjadi setiba di Kuala Lumpur International Airport, Malaysia. Bingung gue, setelah dari turun pesawat mau kemana. Secara, waktu gue pertama kali ke Malaysia, gue cuman NGUNTIT. Mulai kebegoaan gue berlanjut.

Yap, turun dari pesawat, pasang strategi, "gue ikutin aja orang jalan kemana. yang penting gak ngikut ke connecting flight. berusaha cari tulian EXIT." Nah, ternyata bandara di sini gedeeee banget dan rada rumit berlantai-lantai. Yah, walaupun gak jauh beda ma soekarno-hatta, tapi pokoknya aneh gue ngeliatnya. Mulai deh nervous. Setelah lama berjalan ngikuti orang. Demi gak nyasar, gue memilih ngikutin orang dari pada ke WC, padahal gue kebelet vivis. Mulai keringet dingin. Cling, muncul ide untuk menelpon panitia ayng bakal jemput gue. Tapi, sialnya lagi, pulsa HP gue cuman 20 ribu. Huaaaaa rasanya kesel campur sedih. Baru nelp 5 menit buat say hai dengan panitia yang mau jemput gue, HP gue udah bunyi "tiiiiiiiit...tuuuuuut." Mati deh sambungan telp-nya. Nah, mana orang yang tadi gue ikutin ilang lagi gara-gara gue fokus ngomong di telp. Mamaaaaaaaaaaaak gue kayak anak ilang di negeri orang. "Sabar, tenang." sambil komat kamit mulut gue, liat-liat petunjuk arah.

Hopeless, seingget gue dulu, gue harus nyari tempat orang ngecap paspor gue. Tapi dimana ya? Bertanya udah, mau nanya malu. Hahha, otak gue langsung mikir dengan keras bahasa inggris buat nanya, "Saya baru turun dari pesawat dan sekarang harus kemana?" Gileee, udah keringetan gue, padahal airportnya dingin.

Then, gue beraniin diri nanya ma orang. Gagap dikit siy pake bahasa inggris. But, akhirnya dapet petunjuk. Ternyata gue harus antri di loket imigrasi. Dan antriannya selama ini ada di depan mata gue dan udah kayak ular melingkar-lingkar. Panjang bener. Pikir gue, "kenapa gak tau dari tadi ya? kan tadi masih pendek antriannya." Okay, biarlah hidup harus terus maju. hihhi lebay gue. Ok, gue ngantri, sambil mencoba mikir apa yang bisa gue lakukan agar bisa ngontak panitia yang jemput gue. Sedangkan, pulsa hp tinggal 2 ribu, sms aja gak bisa, apalagi nelp.

Imigrasi lancar, koper bisa gue ambil dan gak ilang. Tapi, gue gak ketemu sama yang jemput. Hadoooh, gimana cara gue keluar dari airport. Gampang siy, pintu exit ada di depan idung gue. Tapi gue mau kemana? Gue tau nama univ (baca: universitas) gue, tapi abis itu mau kemana? Huahahha. Jalan satu-satunya gue harus cari telp umum.

Ternyata gak mudah dan gak ada telp umum kayak di indo. Ada siy, tapi ribet, perlu koin. Duit ringgit yang gue bawa kan pecahan 100 dan 500 RM semua. Ok, gak boleh kalah ma keadaan. Gue harus cari tukeran duit. Ide gue adalah cari makanan, hahahha emang gue juga laper siy. Makanan di pesawat enak siy enak, tapi dikit. Yap, gue beli Burger King. Karena cuman itu yang gue tau bentuknya adalah roti menjepit daging. Banyak makanan yang lain tapi bahasanya aneh-aneh, dan belum pernah gue makan.

Sip, dapet burger king seharga 15RM atau 45 ribu, Huaaaa mahal bangeet. Makan dengan perasaan gak tenang kayak orang ilang tetep aja gak enak. Beberapa orang udah ngeliatin gue, mungkin dalam pikiran mereka, "Ni anak ibu bapaknya mana ya?" Hahaha, masih bisa tersenyum gue. Beres makan burger King dan dapet duit koin bukan berarti beres masalah gue. Berikutnya, gue bingung cara make telpon umum di bandara itu. Ya udah deh, hopeless gue. Duduk menenangkan diri karena emang gue pegel bener dari tadi mondar mandir gak jelas. Sambil berdoa, "Ya Alloh semoga malem ini gue boleh nginep di bandara, gak diusir dikira gembel."

Celingak-celinguk ngeliatin orang yang mondar-mandir. Ada yang bertemu sahabat, saling berpelukan melepas rindu. Ada yang sedang nunggu jemputan. Gue yakin tu orang nunggu jemputan. Dari tampangnya mengatakan,"Woi, mana neh yang jemput gue? lama amat siy? F**k." beda ma gue yang dari tadi diem menunggu keajaiban.

Dan, keajaiban pun datang... (backgound music: sailormoon atau kesatria baja hitam). Gue ngeliat ada stand yang jual seperti kartu Indosat, karena emang kuning warnanya. Ada gambar telpon dan tulisan pre-paid. Yah, kali aja ini simcard buat hape. Ok, let me try.

Gue: *mikir mau pake bahasa inggris apa melayu niy. gue putuskan bahasa inggris deh* "Is this for Handphone?"
salesgirl: "Yes".

Alhamdulillah. dalam hati gue seneng jingkrang-jingkrak. Tanpa nanya harga, gue beli satu. Bodo amat mau harganya 100rb, 200rb, mudah-mudahan aja gak lebih dari 300rb, bisa bangkrut gue. Hehehehe. Alhasil, dapet dengan harga 50RM sudah termasuk pulsa 35RM. Yah, total sekitar 150rb, worthed lah, dari pada gue mati kutu di sini kayak orang ilang. Yes, gue bisa nelpon panitia dan emang tinggal gue yang ditungguin ma panitia. Untung gue gak ditinggal. You are so nice.thanks a lot buat panitia..

Dan, malam pun gue bisa tidur di asrama kampus gue, gak jadi di airport..alhamdulillah.

NB:Pasrah gara-gara internet gak idup-idup, gue ke kantin deh biar koneksi WIFI rada kenceng

1 komentar: