Welcome home....

Assalamualaikum wr.wb
Rekan-rekan pembaca..selamat menikmati suguhan yang insyaallah bermanfaat dunia wal akherat...

"Pembaca yang baik meninggalkan komentar-komentar yang bermutu."

Kamis, 24 Maret 2011

never do this again

---===---
gak lagi-lagi gue makan sambil baca. Efeknya sama aja kyk baca sambil naek mobil, pusiiiiinggg.. Gue paling gak bisa baca di mobil ketika lagi diperjalanan. Nah, efek yang sama barusan gue dapetin ketika maem sambil baca. Makanan yang gue maem padahal enak banget gitu, chicken chop dipakein kuah black paper... sluuurrp. enak kan. Tapi malah jadi mual gara-gara sambil baca. Padahal gue cuman baca blog2, bukan jurnal. Hedew, pokoknya gak lagi-lagi deh, mending gue kembali ke habit gue klo maem ya maem ato sambil nonton tivi. Maem juga butuh konsentrasi lho...hihihi :p

Mau tau yang gue baca apa? "mau-mau-mau." jawab penggemar gue.. hahaha ngimpi gue blog gue ada yang baca. Boro-boro yang baca, yang mampir aja cuman 10 paling banyak, gak komen lagi. Mudah-mudahan yang mampir gak lupa ngasih maem ikan gue yang di beranda. (*sorry rada geje*)

Tadi kan udah gue bilang klo sambil maem pengen baca blog nya si radit (panggilan gue buat si kambing jantan, ampe bingung gue nama aslinya radit apa kambing jantan niy..hahahah.. ignore2). Yup, gue baca archive dy yang udah tahun jebot, tapi masih mengandung ilmu ternyata. "Pinter deh tuh anak, ampe bikin gue mual-mual gara-gara maem sambil baca tulisan dy." Pikir gue. Gimana enggak, pas baca paragraf demi paragraf, otak gue langsung muter berfikir dan berimajinasi, jadi gak fokus gue ma chicken chop gue. Hedew.. klo mau nyoba, cepet deh beli maem sekarang trus lo baca tulisan dy yang judulnya  "Tiga Element Penulisan Kreatif dalam Blog". Eiiiittss.. tapi sebelum lo beranjak dari blog gue untuk lari ke blog si radit, baca mpe abis dulu geh. (*hyaaaa...lampung gue keluar pake "geh")

---===---
Mulai serius ah gue. Makanya nulisnya mulai dari kiri..hahahaha (*uppss gak boleh ketawa lebar-lebar*)
Well, simpel emang 3 hal yang penting bgt dan klo gue bilang cukup praktekin tiga hal ini secara ahli, blog lo bisa di love ama jutaan orang (*hiyaa lebay gue*). Cekidot niy bro. bentar...bentar.. gue mikir dulu, tadi 3 element itu apa aja..hmmm....hmmmm...hmmmm... upss.. dapet. ok lanjut.
1.first sentence yang menarik, klo pake bahasa gue tuh kalimat pembuka yang interesting, loveable, aye catching...(ngakak bayar goceng yee)
2. Buatlah tulisan yang ekonomis. Bener deh, gue kira ni si radit ngomongin harga jual tulisan. Gile aje orang baru mau nulis buat blog udah disuruh jualan. "hayooo pada ngaku sapa yang satu pikiran ma gue?". Well, ternyata gak gitu. Intinya, kita nulis tu jgn mpe boros kata, kalimat, paragraf, pokoknya singkat padat dan jelas. Klo kata radit, buat tulisan yang kencang dan sempit. "Hedew, kayak celana dalem gue donk. Mentang-mentang gue rada gemuk, dy pake nyindir gue." pikiran geje lagi kumat niy. Gimana caranya? Nah, lo klo nulis kan pasti buat draft. "hayo yang kagak buat angkat jari?" Nah, draft pertama ntu jgn langsung lo publish, karena biasanya draf pertama tu cuman buat ngeluarin isi yang ada di otak lho. "waduh, dit, niy tulisan gue yang ini gak pake draft kedua ketiga, langsung gue publish.". So pasti biasanya draft pertama itu tulisannya acak-acakan. Makanya perlu dibaca ulang ampe 2-3 kali. Klo kata si radit yang katanya kebanyakan orang nulis bahwa draft kedua tu buat memperbaiki tulisan, nah, klo yang ketiga buat tulisan bersinar. "hayo dah pada silau belom ma tulisan gue?"
3. Temukan ciri khas bahasa tulisan sendiri. Intinya, orang akan tau bahwa yang nulis ni elo, padahal tu orang cuman baca tulisannya aja. 

----===---
Yap, itulah yang gue baca ketika tadi gue maem. Rasa eneg makanan gue belum ilang. Malah kebelet niy. Yaudah deh, bagi yang baru mau maem, inget pesen gue, klo masih nekat, efek samping tanggung sendiri yak. Bubyee...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar