Welcome home....

Assalamualaikum wr.wb
Rekan-rekan pembaca..selamat menikmati suguhan yang insyaallah bermanfaat dunia wal akherat...

"Pembaca yang baik meninggalkan komentar-komentar yang bermutu."

Kamis, 26 Mei 2011

Kuman, lagi-lagi pake kata kuman, bakteri kaleeee

mumpung lagi semangat dan Alloh sedang memberikan kesehatan.. maka dipergunakanlah sebaik-baiknya.. ya gak??

well, gw tadi lagi muter-muter di web IAI. Biasalah pengen liat-liat berita tentang profesi apoteker terkini apa niy. Sampailah pada tulisan yang berjudul "Menkes akan keluarkan aturan peresepan obat keras oleh dokter". Menarikkan judulnya. Hooh.. sangat menarik.. gw baca deh mpe habis. seru juga. Tapi ada hal yang menggelitik. Hahaha,ampe geli gw ketawa sendiri..hahhaha pliz deh gak penting bgt.

Ok2, kembali ke topik. Ada sebuah kata yang membuat otak gw suka dibikin muter-muter dan sekaligus geram, yakni KUMAN. Dalam hati gw, kenapa ya orang seneng banget menggunakan kata KUMAN. Ampe level menkes aja ngomongnya kuman. Apalagi kata kuman tersebut didampingi dengan kata resistensi. Lengkapnya jadinya, "peresepan obat yang tidak rasional terutama pada antibiotik bisa memicu resistensi kuman." WHATTTTT? kuman?? emang sama ya kuman ma bakteri? Kuman tu kata ilmiah bukan siy? atau kata yang hanya dipake untuk nakut-nakutin anak kecil biar gak maen kotor-kotoran??

Penasaran gw, hahahha iyee gw tau kurang kerjaan, tapi jgan sampe kan kita jadi salah kaprah gara-gara 1 kata ini doank. Well, gw searching di mbak google definisi kuman, maklum di kamar kagak ada KBBI (kamus besar bahasa Indonesia). Setelah gw cermati secermat-cermatnya, ternyata bener dugaan gw, kuman ntu arti kata luas banget, jamur ya masuk, bakteri juga ok, mikroba patogen sok wae. Nah lho, so, menurut gw klo merujuk pada kalimat tadi..hmmm.. agaknya kurang tepat klo yang resistensi tu kuman, yang bener tu bakteri kan??

Nah, untuk itu, kita kudu hati-hati dalam menggunakan bahasa ini. Emang siy mother language, tapi siapa yang pernah nilai ujian bahasa di atas 9??? hayooo ngaku klo ada?? gak ada yeee?? hahahahahhahha, makanya sapa bilang bahasa indonesia mudah?

Hayo, sapa yang masih bilang kuman sama ama bakteri??



Tidak ada komentar:

Posting Komentar